Jumat, 19 April 2013

Nosophobia - Fobia terhadap Penyakit Tertentu


Takut sakit itu wajar, tapi kalau takutnya terlalu berlebihan.. mungkinkah itu fobia?
Nosophobia adalah suatu bentuk ketakutan yang tidak rasional terhadap suatu penyakit. Orang yang memiliki nosophobia  sangat takut jika terkena penyakit tertentu, kadang2 dia percaya bahwa dia mengalami gejala penyakit tersebut.

Nosophobia berbeda dengan hypochondriasis


Hypochondriasis/hypochondria adalah suatu bentuk fobia kesehatan atau ansietas yang melibatkan beberapa gejala terkait dengan fisik (seperti merasa pencernaannya terganggu, nyeri otot, gangguan palpitasi) yg berlangsung minimal 6 bulan. Penderita hypochondria (=hypochondriac) cenderung tidak percaya pada hasil pemeriksaan dokter & suka membuat diagnosis sendiri (self diagnosis). 


Nosophobia umum terjadi pada mahasiswa atau peneliti yang banyak mengkaji atau mendalami riset tentang suatu penyakit. Karena itu kondisi nosophobia dijuluki "medical student's disease" atau "cyberchondria"


Gejala nosophobia 

- kekhawatiran irasional terhadap suatu penyakit

- merasa cemas, panik, ketakutan, frekuensi nafas & detak jantung meningkat, gemetar, mual, mulut mengering (jika melihat orang yg memiliki gejala mirip penyakit tersebut)

Contoh nosophobia 

Seorang mahasiswa yang banyak membaca & menjumpai kasus flu burung merasa takut jika ia tertular flu burung. Ketika kondisi tubuhnya tidak fit & terserang pilek ringan, ia sudah berpikir negatif, jangan2 terinfeksi flu burung. Lalu iapun jadi cemas &panik. Hasil pemeriksaan lab menyatakan bahwa ia negatif terinfeksi virus H5N1. 



Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Nosophobia
http://phobias.about.com/od/glossary/g/nosophobiadef.htm
http://www.phobiasource.com/nosophobia-an-irrational-fear-of-contracting-a-disease/
http://en.wikipedia.org/wiki/Hypochondria

2 komentar:

  1. aq banget nih kayaknya.....

    Aq phobia sekali sama yang namanya kanker, soalnya riwayat keluarga ada yang terkena kanker. Satu minggu ini saya stress, takut kena kanker payudara. Gara2 ada 2 temen yg kebetulan cerita kalau temennya kena penyakit ini.

    Setelahnya saya langsung stress, takut kalau2 saya juga kena. Gak tahu knapa, PD tiba2 terasa nyeri, tambah stress lah aq ini.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan terlalu dipikir.. Banyak penyakit yg datang karena sugesti, banyak juga sugesti yg membawa kesembuhan

      Hapus

Silahkan berkomentar di sini, tapi gunakan bahasa yang sopan & jangan menyinggung suku, agama / ras