Jumat, 28 Maret 2014

Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh

Hey girls!
Apa tipe tubuh kamu? Apakah kamu suka berolahraga untuk membentuk tubuh?



Pear : bagian bawah lebih lebar
Straight : bentuk badan lurus dengan sedikit curve
Curvy : bagian dada dan pinggul lebih lebar dari pinggang
Athletic : bahu lebar dan pinggang sempit


Kalo saya straight -_- 
Perut saya emang rata, tapi kayak nggak ada isinya hehe..Tulang saya gede dengan otot tipis. Pernah nggak pede sih soalnya sering dibilang kurus. Padahal dengan tinggi 160 cm dan berat 45 kg seharusnya saya nggak tergolong kerempeng. Oke, BMI (body mass index) saya nggak sampai batas normal (BMI yang sehat adalah (18,5 - 24). Berarti BMI saya = 45 : (1,6^2) = 17,58

Saya kepingin punya badan yang atletis seperti ini
Pengennya punya badan langsing dan berotot seperti ini
Bukan kurus datar atau berisi yang banyak lemak

Tapi gimanapun juga tetep bersyukur..
Sekarang udah banyak petunjuk olahraga yang sesuai untuk tiap bentuk tubuh


PEAR

best-body-pear.jpg

Nah, ini contoh gerakan yang tepat untuk pemilik tubuh pear
mv-lift-off-lunge.jpg
Lift-off Lunge
Untuk melatih otot paha, pantat, bahu, lengan (triseps) dan inti tubuh
Ulangi sebanyak 10 - 12 kali

mv-scissor-jump.jpg
Scissor jump
Melatih otot pantat dan paha, mempercepat denyut jantung untuk membakar ekstra kalori
Ulangi sebanyak 10 - 20 lompatan

mv-pushup-raise.jpg
Push Up and Leg Raise
Melatih otot bahu, lengan (triseps), dada, dan inti tubuh
Ulangi 8 - 12 kali

mv-mermaid.jpg
Mermaid
Untuk melatih inti tubuh dan bahu
Ulangi 8 - 10 kali

mv-boat-curl.jpg
Boat curl and press
melatih otot inti, lengan (biseps) dan bahu
Ulangi 8 - 10 kali

mv-tri-lat-raise.jpg
Triangle Lat Raise
melatih otot pantat, paha, punggung dan bahu
Ulangi 10 - 12 kali

mv-deep-knee-raise.jpg
Deep and knee raise
melatih otot lengan triseps, bahu, dan punggung atas
Ulangi 10-12 kali

STRAIGHT
best-body-strt.jpg

Gerakan yang tepat untuk pemilik tubuh straight (boyish)
Ada yang sama dengan gerakan untuk pear:
Lift-off Lunge
Mermaid
Push up and leg raise

Selain itu..

mv-cross-over.jpg
Crossover crunch
Melatih inti tubuh
Ulangi 10 - 12 kali

mv-stacked-pushup.jpg
Stacked Push Up
Melatih inti tubuh, lengan triseps, bahu, dada
Ulangi 8 - 12 kali

mv-squat-overhead.jpg
Squat and overhead press
Melatih otot pantat, paha, dada, inti tubuh, lengan triseps
Lakukan 12-14 kali

mv-plyo-plank.jpg
Plyo plank
Melatih seluruh tubuh dan meningkatkan denyut jantung untuk membakar kalori
Ulangi 8 - 12 kali

CURVY

best-body-curv.jpg

Beberapa yang sama

Lift-off Lunge
Mermaid
Push up and leg raise

Selain itu...

mv-tai-chi-lunge.jpg
Tai Chi Lunge
melatih otot pantat, paha, inti tubuh
ulangi 10 - 20 kali

mv-glute-bridge.jpg
Glute bridge with triceps extension
melatih otot lengan triseps, pantat, inti tubuh
ulangi 10 - 20 kali

mv-lateral-stepup.jpg
Lateral Step Ups
melatih otot pantat dan paha dan meningkatkan denyut jantung untuk membakar kalori
ulangi 10 - 12 kali per sisi

mv-sideplank-movknee.jpg
Side plank with moving knee
melatih otot inti tubuh dan pantat 
Ulangi 8 - 10 kali

ATHLETIC

best-body-athl.jpg

Beberapa yang sama 

Lift-off Lunge
Mermaid
Push up and leg raise

Selain itu...
mv-curtsey-lunge.jpg
Curtsy lunge with front raise
melatih otot pantat, paha, bahu
ulangi 10 - 12 kali

mv-curtsey-squat.jpg
Swivel squat
melatih otot inti tubuh, pantat, paha
ulangi 10 - 12 kali

mv-tip-row.jpg
Tip and row
melatih otot pantat dan punggung
ulangi 8 - 10 kali

mv-alter-side-lunge.jpg
Alternating side lunge
Melatih otot paha, pantat, inti tubuh
ulangi  10 - 12 kali per sisi

Oh, ada 1 lagi bentuk tubuh : APPLE

Olahraga yang pas untuk pemilik tubuh APPLE adalah kardio untuk membakar kalori (3 - 5 kali seminggu) antara 40 - 60 menit. Untuk membentuk & mengencangkan otot seluruh tubuh lakukan gerakan ini 

0703_t_pushup
Push Up
Lakukan sampai 5

0703_rev_pushup
Reverse Push Up
lakukan 10 - 12 kali

0703_curtsey_lunge
Curtsy lunge
Lakukan 10 - 20 kali

0703_st_onearm_press
Standing one arm press
Lakukan secara bergantian masing-masing lengan 14 kali

Nggak susah kan?
Mari kita syukuri tubuh kita apa adanya, tetapi percantik bentuknya dengan melakukan olahraga. 

Sumber : www.womenshealthmag.com

6 komentar:

  1. Hai Lintang.
    Badanku kurus, diameter pinggul jg kecil. Banyak yg bilang aku kerempeng, atau cungkring :'(
    Tp bagian pahaku dan betis itu berisi, bukan macam kaki atlet,, tp ya berlemaklah. Jd bnyakkk yg komentar 'atas kerempeng, bawah gemuk'.. Huaaa sedih :'(
    Badanku masuk mana: pear ato straight menurutmu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga..
      oh, itu termasuk pear..jangan sedih, nggak apa2 bagian bawah agak gede, tapi bisa dikencangkan kok, dengan olahraga tentunya hehehe..

      Hapus
  2. Balasan
    1. aku sukanya olahraga yg gratisan.. nggak perlu bayar buat masuknya hehehe

      Hapus
  3. Mbak Lintang msh rajin olahraga. Pernah coba 7 minute workout Mbak?
    Di female daily ada yg ngasih link artikel ilmiahnya.
    http://journals.lww.com/acsm-healthf...WEIGHT_.5.aspx

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku belum pernah nyoba.. makasih untuk linknya, segera meluncur kesana..

      Hapus

Silahkan berkomentar di sini, tapi gunakan bahasa yang sopan & jangan menyinggung suku, agama / ras